Cara Mengatasi 404 Not Found di WordPress, 100% Berhasil

DigiBlog ID

cara mengatasi 404 not found pada website

Cara Mengatasi 404 Not Found – Halo Digilovers, diantara kalian kira-kira pernah tidak ketika kalian ingin mengakses website kalian, tiba-tiba muncul peringanran error 404 Not Found? Biasanya error 404 Not Found ini banyak dialami oleh pemilik website.

Error 404 Not Found ini biasanya berdampak buruk bagi sebuah website, salah satu dampak buruknya adalah kalian akan kehilangan traffic yang signifikan. Tentu tidak mau dong jika tiba-tiba pengunjung website kalian lari gitu aja?

Tapi, kalian tenang saja, karena mimin akan jelasin tenang, semua itu akan kita kupas tuntas di artikel ini.

Apa itu 404 Not Found?

Pada dasarnya error 404 Not Found artinya menandakan bahwa halaman File atau Folder yang ingin kalian akses tidak bisa ditemukan karena ada yang hilang dari file yang kalian akses.

Error 404 Not Found merupakan kode status HTPP yang berarti halaman yang sedang kalian buka tidak ditemukan di server mereka.

Ada beberapa istilah lain yang artinya sama dan biasa ditemui seperti 404 Error, The Requested URL Was Not Found On This Server, HTTP 404, Directory Not Found dan masih banyak lagi.

Mungkin disini ada yang bertanya seperti angka 404 itu menandakan apa sih? Begitu bukan? Tenang akan mimin jawab kok.

Angka 4 pertama merujuk pada kesalahan dari user salah memasukkan kode link, Sedangkan untuk angka 04 di belakangnya mengacu pada ketiadaan atau dikenal dengan saintek error.

Penyebab Error 404 Not Found

penyebab 404 not found

Penyebab error 404 Not Found ini memang bermacam-macam dan biasa muncul di semua search engine terutama untuk Website berbasis WordPress.

Error 404 Not Found ini biasa muncul ketika browser gagal menemukan website yang akan kalian akses. Ada beberapa penyebab kenapa error 404 ini bisa muncul.

1. Salah Memasukkan URL

Typo atau salah dalam memasukkan URL ke Adress bar merupakan salah satu penyebab 404 Not Found. URL atau Uniform Resource Locator adalah sebuah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut alamat sebuah website. URL ini berfungsi untuk membawa kita ke sebuah website yang ingin dituju.

Domain juga merupakan komponen dari alamat itu sendiri. Secara spesifik domain menunjukkan pemilik rumah atau nomor rumah dari sebuah website tapi domain tidak bisa memberikan petunjuk lengkap tentang lokasi sebuah website. Jadi jika kalian salah mengetikkan URL satu huruf saja maka akan terjadi Error 404 Not Found.

2. Cache Error

Tahukah kalian bahwa browser yang sering kita gunakan saat ini akan selalu menyimpan seluruh rekam jejak kita di internet dalam bentuk cache. Ini akan memudahkan kita ketika ingin mengunjungi website yang sama lebih dari sekali.

Nah ketika kalian mengunjungi sebuah website untuk pertama kali, biasanya website tersebut akan memakan waktu loading yang cukup lama karena server dari website tersebut harus mengumpulkan data dari IP address yang ingin mengunjungi website tersebut.

Seluruh data perangkat kalian akan dikumpulkan dalam bentuk cache sehingga pada kunjungan berikutnya server website akan membaca informasi yang sudah ada di dalam cache tersebut, sehingga loading atau muatan halaman pun akan jadi lebih cepat ketika di akses.

Nah jika kalian menemukan error 404 Not Found dari website yang ingin kalian kunjungi, bisa jadi ada masalah pada cache browser yang sedang kalian gunakan, mungkin terlalu penuh atau yang lainnya.

Oleh karena itu untuk mengatasi 404 Not Found, kalian bisa melakukan clear cache pada browser yang sedang kalian gunakan.

3. DNS Bermasalah

Salah satu penyebab error 404 Not Found adalah domain yang propagasi ke DNS. Propagasi domain adalah proses pengalihan domain lama ke domain baru.

Dalam proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa jam bahkan sampai beberapa hari. Jadi jika ini adalah penyebabnya, maka kalian tinggal bersabar dan tunggu beberapa saat yah!

4. Plugin dan Tema Bermasalah

Memilih tema dan plugin bukan lah

Dalam kasus tertentu permasalahan pada plugin atau tema bisa berpengaruh pada website dalam URL dan permalink website. Oleh karena itu, saat pengunjung mengakses URL tersebut tidak berfungsi akibat masalah compability dari tema atau plugin yang kalian gunakan.

Cara Mengatasi 404 Not Found di WordPress

Sebelum mimin memberitahu cara mengatasi 404 Not Found, ada baiknya kalian untuk backup data terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Periksa URL

Cara pertama yang bisa kalian lakukan jika tiba-tiba WordPress kalian muncul Error 404 Not Found adalah dengan memerika URL pada website kalian.

Kalian bisa cek ulang URL yang kalian tulis di address bar. Pastikan tidak ada typo sedikit pun. Karena, typo bisa membuat website kamu menunjukkan error 404.

2. Refresh Halaman

Jika cara pertama gagal, maka silahkan kalian reload atau refresh halaman pada website kalian. Untuk melakukan refresh pada halaman website, kalian cukup klik F5 pada keyboard atau kalian juga bisa klik tombol refresh yang ada di samping kiri tombol gembok SSL.

refresh halaman

3. Clear Cache

jika kedua cara diatas gagal, kalian bisa melakukan clear pada cache browser. Menghapus history browser bisa membantu kalian untuk mengatasi 404 Not Found. Sebab bisa jadi history browser kalian gunakan masih menyimpan halaman 404 not found yang muncul sebelumnya.

Untuk Menghapus cahce pada browser sangatlah mudah, kalian ikuti langkah dibawah ini:

1. Silahkan klik Ctrl + H pada keyboard

2. Klik Clear browsing data.

clear browsing data untuk mengatasi 404 not found

3. Pilih rentang waktu data yang ingin dihapus.

pilih rentang waktu data

4. Centang pada bagian Browser history dan Cached images and files, kemudian klik Clear data.

4. Reset permalink WordPress

Untuk cara yang satu ini, kalian perlu buka Dashboard WordPress, kemudian masuk ke Setting dan masuk ke Permalinks.

reset permalink wordpress untuk mengatasi 404 not found

Apapun setting yang kalian gunakan sebelumnya, kembalikan dulu ke settingan default. Lalu, klik Save.

Setelah selesai mengembalikan permalink ke settingan default, silahkan teman teman reload halaman dashboard, kembalikan ke setting yang kamu pakai sebelumnya. Lalu, klik Save lagi.

Kemudian, coba cek apakah halaman error 404 sudah hilang atau belum.

5. Restore File .htaccess

Terkadang error 404 Not Found membuat Dashboard WordPress kalian tidak bisa diakses. Jika hal itu terjadi, tentunya kalian tidak bisa mengubah permalink di Dashboard. Sebagai gantinya, kamu perlu merestore file .htacess. Begini caranya!

1. Akses website via cPanel. Kalian bisa ketik domain kalian di kolom pencarian dengan menambahkan /cpanel di akhir ekstenti domain. Misal digiblog.id/cpanel

2. Jika cPanel sudah terbuka, silahkan kalian masukkan username dan passwordnya.

login cpanel

3. Kemudian cari File Manager.

pilih file manager

4. Lalu klik folder public_html.

klik public_html

5. Biasanya file .htaccess tidak akan terlihat alias tersembunyi. Oleh karena itu kalian perlu menampilkannya dengan cara klik setting pada pojok kanan atas lalu centang pada home_directory dan centang juga pada bagian show hidden files lalu klik save.

aktifkan file htaccess

6. Jika file .htaccess sudah tampil, maka silahkan kalian edit file tersebut dan ganti menjadi default seperti yang berikut ini:

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>
# END WordPress

6. Nonaktifkan Plugin atau Tema

Kalau cara-cara di atas tidak kunjung berhasil, mungkin masalahnya ada pada tema atau plugin yang kalian gunakan. Oleh karena itu, kalian perlu menonaktifkannya.

Ada dua cara untuk melakukannya, yaitu lewat Dashboard dan lewat cPanel. Untuk menonaktifkan plugin via Dashboard, begini caranya!

Pertama, Buka Dashboard klik menu Plugin dan pilih Plugin Terpasang.

Kedua, Silahkan pilih plugin yang kemungkinan bemaslah. atau kalian bisa nonaktifkan satu satu untuk mengetahui plugin mana saja yang kemungkinan jadi penyebab 404 Not Found.

Ketiga, Centang plugin yang ingin di nonaktifkan dengan cara mengubah tindakan massal menjadi non-aktifkan. Lalu klik Terapkan.

nonaktifkan plugin

Kalau masalahnya bukan di plugin, kalian bisa mencoba cek tema lewat Dashboard kemudian pilih Tampilan dan Tema.

Kalau ternyata error 404 Not Found masih muncul, kalian perlu menonaktifkan atau mengganti tema yang kalian gunakan dengan tema default bawaan WordPress.

7. Hubungi CS Hosting

Jika semua cara diatas tidak kunjung bisa, maka langkah terakhir untuk mengatasi 404 Not Found adalah dengan menghubungi custumer dari penyedia hosting yang kalian gunakan.

Beritahukan pada mereka bahwa website kalian mengalami Error 404 Not Found, dan mintalah kepada mereka untuk segera diatasi.

Cara menghubungi cs penyedia hosting sangatlah mudah, kalian bisa mengubungi mereka melalui live chat dan bisa juga melalui ticket.

Mudah Bukan Cara Mengatasi Error 404 Not Found di WordPress?

Error semacam ini memang kelihatannya sederhana, tetapi siapa sangka akan mengakibatkan kerugian bagi para pemilik website, terlebih jika website tersebut sudah mempunnyai traffic. Sudah pasti Pengunjung tidak bisa menemukan halaman yang mereka cari. Sehingga, traffic website pun bisa menurun secara drastis.

Dengan tujuh cara mengatasi 404 Not Found di atas, Kalian bisa menyelesaikan masalah tersebut secepat mungkin untuk menghindari dropnya traffic pada website.

Jadi, itu tadi cara mengatasi error 404 di WordPress. Gampang bukan? Nah, kalau misalnya kalian masih ada pertanyaan, ataupun saran, monggo tinggalkan di kolom komentar di bawah yah.

Bagikan Artikel Ini:

Also Read

DigiBlog ID

DigiBlog adalah sebuah website yang menyajikan konten bermanfaat seputar Blogger dan Wordpress.