Cara Membuat Website Bisnis Profesional dengan 9 Langkah!

DigiBlog ID

cara membuat website bisnis

Cara Membuat Website Bisnis – Kalian pasti udah tau dong kalau membuat website bisnis itu penting banget buat perkembangan bisnis. Nah digilovers jangan khawatir karena disini mimin bakal kasih tahu cara membuat website bisnis profesional untuk pemula.

Jika kita berbicara tentang dunia bisnis, pasti tidak akan pernah lepas dengan yang namanya marketing. Hal ini sebagai sarana untuk mengenalkan produk kita kepada masyarakat.

Dengan seiring berkembangnya teknologi, maka memasarkan produk menjadi lebih mudah, salah satunya adalah dengan memanfaatkan website.

Cara Membuat Website Bisnis Profesional Untuk Pemula

Berikut ini adalah cara mudah untuk membuat website bisnis dengan WordPress

1. Beli Hosting dan Domain

Cara membuat website bisnis yang pertama adalah dengan membeli paket hosting dan domain. Kalau kalian belum punya, beli hosting dan domain itu gampang banget kok, di Indonesia sendiri sudah banyak penyedia layanan hosting murah, salah satunya adalah BantenHostCom.

Di BantenHostCom kalian bisa mendapatkan keduanya sekaligus hanya dalam beberapa langkah aja. Caranya langsung aja kunjungi website bantenhost.com terus pilih menu hosting.

Baca Juga: Cara Daftar Google News untuk Menaikkan Traffic dan Kredibilitas

Di sini aku saranin kalian memilih WordPress hosting karena WordPress hosting dapat membantu kalian membuat website dengan lebih mudah serta memungkinkan kalian fokus ke pengembangan bisnis.

Selanjutnya konfirmasi jenis paket hosting dan durasi paket yang ingin kalian beli. Sebagai contoh disini jika kalian yang ingin membuat website bisnis jangka panjang, maka pilihlah paket personal dengan durasi 3 tahun atau sesuaikan dengan budget yang tersedia.

Lanjut ke bawah tambahkan domain kalian, Oh iya kalau kalian belum punya nama domain aku akan kasih tips menentukan nama domain untuk Website bisnis nanti di langkah kedua yah!

Balik lagi nih ke cara pembelian domain di BantenHostCom, kalian bisa loh dapetin domain gratis untuk Website bisnis dengan menggunakan ekstensi domain .com silahkan hubungi Telp/WA 0812-3333-1180 atau bisa lewat Live Chat.

Nah setelah memasukkan nama domain kalian kemudian silahkan cek terlebih dahulu ketersediaannya di domain checker BantenHostCom, lalu Klik tombol cek domain. Jika domain yang kalian pilih tersedia, silahkan amankan domain kalian dengan mengklik tambahkan ke cart.

Tahap terakhir Sekarang saatnya mereview pesanan dengan cara memilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran untuk dapetin hosting dan domain dari BantenHostCom.

2. Tentukan Nama Domain

Langkah kedua tentukan nama domain untuk Website bisnis. Ini adalah langkah penting karena nama domain akan menjadi identitas bisnis kalian di dunia digital.

Pastikan nama domain yang kalian pilih itu mudah diingat dan sesuai dengan niche bisnis kalian. Tambahkan juga kata kunci yang relevan dengan bisnis kalian agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Domain BIZ.ID Gratis Untuk Website UMKM

Dan jangan lupa pilih ekstensi domain yang sesuai dengan niche bisnis kalian. Dengan menentukan nama domain yang tepat, kalian bisa membangun branding bisnis secara online dengan lebih mudah dan efektif.

3. Tentukan Platform

Umumnya website dibangun dengan bahasa pemrograman. untungnya ada kok cara membuat website bisnis tanpa coding sama sekali yaitu menggunakan konten management system atau CMS seperti WordPress.

WordPress adalah platform yang paling banyak digunakan untuk membuat website tanpa harus menguasai bahasa pemrograman.

Terlebih WordPress juga menyediakan berbagai desain template profesional, fitur SEO sampai management pengelolaan yang mudah untuk digunakan.

Kalau dari awal kalian sudah memakai layanan WordPress hosting, kalian udah nggak perlu pusing lagi dengan instalasi, karena WordPress akan terinstall secara otomatis lengkap dengan plugin SEO-nya.

4. Tentukan Template

Kenapa sih memilih template yang tepat itu penting? Jawabannya karena template bisa mempengaruhi kesan pertama yang diberikan pada pengunjung, memberikan kenyamanan saat menjelajahi website kalian dan bahkan meningkatkan performa SEO website.

Baca Juga: 23+ Template Toko Online WordPress Gratis Terbaik 2023

Nah salah satu template WordPress yang mimin rekomendasikan untuk Website bisnis adalah Astra.

Template Astra menawarkan berbagai macam fitur yang akan memudahkan kalian dalam membangun website bisnis, termasuk desain yang responsif dan tampilan yang menarik.

5. Install Plugin

Saat kalian membuat website bisnis ada beberapa pelagin yang perlu diinstal agar website kalian berfungsi optimal.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi plugin yang bisa kalian pakai untuk website bisnis kalian.

  • Woocommerce – Plugin ini memungkinkan kalian mengatur sistem pembayaran, mengatur stok produk serta menyesuaikan tampilan toko online kalian.
  • Yoast SEO – plugin ini akan memberi rekomendasi tentang bagaimana cara memperbaiki konten dan teknis website kalian agar lebih SEO Friendly
  • Contact Form 7 – dengan Contact Form 7, kalian dapat membuat formulir kontak secara mudah dan menyesuaikannya dengan tampilan website.
  • Jetpack – Plugin ini memiliki berbagai fitur seperti keamanan website, analisis traffic website dan pengoptimalan kecepatan website.

Nah sekarang gimana sih caranya menginstal plugin di WordPress? Nih mimin akan contohin cara install plugin nya.

Pertama-tama buka dashboard WordPress kalian dan klik menu plugin » add new.

Cari plugin Woocommerce di kotak pencarian kemudian Klik tombol install now dan aktifkan setelah selesai terinstal. Setelah itu plugin Woocommerce sudah siap digunakan di website bisnis kalian.

plugin woocommerce untuk website bisnis

6. Buat Halaman Website

Beberapa halaman yang penting untuk kalian sediakan pada website bisnis antara lain adalah:

  • Halaman tentang kami
  • Halaman produk dan layanan
  • Halaman kontak

Berikut adalah detail dari setiap halaman:

  • Halaman Tentang Kami digunakan untuk menjelaskan tentang latar belakang dan visi misi dari bisnis kalian
  • Sementara halaman produk dan layanan menjelaskan mengenai produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis kalian
  • Terakhir halaman kontak berfungsi sebagai tempat bagi para pengunjung website untuk menghubungi bisnis kalian

7. Buat Menu Pada Website

Menu pada website adalah bagian yang memudahkan pengunjung untuk menavigasi konten pada website kalian.

Menu navigasi pada sebuah website sangatlah penting. Jadi jangan sampai kalian melewatkan langkah yang satu ini.

8. Optimasi SEO

SEO adalah teknik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic yang datang ke website kalian melalui mesin pencari seperti Google.

Ada beberapa tips dasar untuk optimasi SEO, beberapa diantaranya adalah:

  • Pastikan konten website kalian relevan dengan kata kunci yang kalian targetkan.
  • Gunakan tag meta deskripsi yang menarik dan informatif.
  • Pastikan website kalian responsif dan mudah diakses di berbagai perangkat.

9. Install Google Analytics

Kalian pasti pengen tahu seberapa sukses website bisnis kalian kan? Nah dengan menginstal Google analytics, kalian bisa mendapatkan data tentang pengunjung website, perilaku mereka di dalam website dan seberapa efektif kampanye pemasaran kalian.

Bagi kalian yang bukan ahli dalam Digital marketing, kalian tidak perlu khawatir, sebab Google Analytics ini sangat mudah untuk digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

Sudah Siap Untuk Membuat Website Bisnis Profesional?

Itulah tadi langkah-langkah untuk membuat website untuk bisnis profesional. Bagaimana mudah bukan Jangan lupa share pengalaman kalian di kolom komentar dan jangan lupa juga untuk share ke teman-teman kalian juga siapa tau teman-teman kalian ada yang ingin membuat website bisnis dengan mudah.

Terima kasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. See you and the next artikel guys.!

Bagikan Artikel Ini:

Also Read

DigiBlog ID

DigiBlog adalah sebuah website yang menyajikan konten bermanfaat seputar Blogger dan Wordpress.

2 pemikiran pada “Cara Membuat Website Bisnis Profesional dengan 9 Langkah!”

  1. Kak mau tanya kalo seandainya kita hanya membeli paket hosting selama 1 tahun untuk website bisnis gapp kah? Atau harus 3 tahun?

Komentar ditutup.